Jumat, 03 Maret 2017

materi aljabar,contoh soal dan pembahasannya

Bentuk ALJABAR adalah suatu bentuk matematika yang dalam penyajiannya memuat huruf-huruf untuk mewakili bilangan yang belum diketahui. Bentuk aljabar dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang tidak diketahui seperti banyaknya bahan bakar minyak yang dibutuhkan sebuah bis dalam tiap minggu, jarak yang ditempuh dalam waktu tertentu, atau banyaknya makanan ternak yang dibutuhkan dalam 3 hari, dapat dicari dengan menggunakan aljabar. 
 Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6Hwwuabwy6bnsiXFNt1gk8C5NM6iP5CfsLsNqa7QlP_nk9ErwJ3jl9lTlimiXIFZfYPbVOMRXn1zNLi3sUUWwasvxbtRpso3ulcafWGN-cV-FFqx5JMbmaX_BzQoF0qx8wBZ_AYHUno72/s200/metode+belajar+matematika.jpg
A.   Bentuk Aljabar
1.    Pengertian Variabel, Suku, Faktor, Koefisien, Konstanta, dan Suku Sejenis
Perhatikan bentuk x + 3 dengan x merupakan pengganti pada bilangan bulat! Jika x diganti - 2 , diperoleh x + 3 = -2 + 3. Jika x di ganti 0, diperoleh x + 3 = 0 + 3. Jika x di ganti 100, diperoleh x + 3 = 100 + 3. Simbol atau notasi x pada contoh di atas disebut variabel.
Bentuk-bentuk seperti 2p2, x2-x+4, 2ax-1 dan (x+2)(x-5) disebutbentuk-bentuk aljabar. Bentuk-bentuk aljabar, seperti 2p2 artinya 2 x p x p. 2p2 adalah bentuk aljabar suku tunggal. Faktor-faktor dari 2p2 adalah 2, p, p2, dan 2p. Faktor yang berupa konstanta disebut koefisien.
Bentuk x2 – x - 4 disebut bentuk aljabar suku tiga dengan x2, -x, dan -4 sebagai suku-sukunya.Koefisien dari xadalah 1 dan koefisien dari x adalah -1.
Pada bentuk aljabar 2ax - 1 dan x2 – x + 4, suku-suku 2ax dan –x adalah suku-suku dengan variabel yang sama, yaitu x.Suku-suku seperti ini disebut suku-suku yang sejenis, sedangkan 2ax dan x2 adalah suku-suku dengan variabel yang berbeda dan suku-suku seperti ini disebut suku-suku tidak sejenis.  

2.    Operasi Hitung pada Bentuk Aljabar
a.      Menjumlahkan dan Mengurangkan Bentuk Aljabar
Untuk memahami operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk – bentuk aljabar, perhatikan situasi berikut.
Dalam tas Ihsan terdapat 10 buku dan 7 pensil. Selanjutnya, ke dalam tas itu dimasukkan 2 buku dan dari tas itu diambil 3 pensil. Dalam tas Ihsan tentu sekarang ada ( 10 + 2 ) buku dan ( 7 – 3) pensil atau 12 buku dan 4 pensil.
Jika dalam tas Ihsan banyak buku dinyatakan dalam x dan banyak pensil dinyatakan dengan huruf y maka situasi tas ihsan semula adalah 10x + 7y kemudian terjadi 2x – 3y sehingga situasi tas Ihsan menjadi ( 10x + 7y) + ( 2x – 3y) atau (10 + 2) x + (7 - 3) y atau 12x + 4y.
Dari situasi di atas dapat dimengerti bahwa penjumlahan dan pengurangan dua bentuk aljabar hanya dapat dikerjakan pada suku-suku yang sejenis dengan penjumlahan atau pengurangan koefisien pada suku-suku sejenis.

I.
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat, dengan memberi  tanda silang pada huruf a, b, c atau d pada lembar jawaban yang disediakan.
1.   Bentuk paling sederhana dari 5x + 3y – 2 – x + y + 2 adalah …
Pembahasan :
= 5x + 3y – 2 – x + y + 2
= 5x – x + 3y + y – 2 + 2
= 4x + 4y
2.   Bentuk paling sederhana dari  6a – 3b + a + 4b  adalah …
Pembahasan :
= 6a – 3b + a + 4b
= 6a + a – 3b + 4b
= 7a + b
3.  Bentuk paling sederhana dari  4(2x – 5y) – 5(x + 3y)  adalah …
Pembahasan :
= 4(2x – 5y) – 5(x + 3y)
= 8x – 20y – 5x - 15y
= 3x - 35y
4.  Jika  P = 4x2 + 3x     dan Q = 5x - x,  maka P – 2Q = …
Pembahasan :
= P – 2Q
= 4x2 + 3x - 2(5x - x2)
= 4x2 + 3x - 10x + 2x2
= 4x2 + 2x2+ 3x - 10x
= 6x2 - 7x
5. Bentuk sederhana dari  4(p – 3q) – 3(5q + 4p) adalah …
Pembahasan :
= 4p – 12q – 15q -  12p
= 4p -  12p –12q – 15q
-  8p – 27q
6. Jumlah dari 2p + 3q – 4 dan p – 3q + 2 adalah …
Pembahasan :
=  (2p + 3q – 4) + (p – 3q + 2)
= 2p + p + 3q – 3q – 4+ 2
= 3p – 2

7. Jumlah dari 6xy + 3yz + 4z dan 3yz + 4yx – 4z adalah ….
Pembahasan :
= 6xy + 3yz + 4z + (3yz + 4yx – 4z)
= 6xy + 4xy + 3yz + 3yz + 4z– 4z
= 10xy + 6yz

8.  Jumlah dari 7x – 3y + 4 dan– 8x + 9y – 5  adalah …
Pembahasan :
= 7x – 3y + 4 + (– 8x + 9y – 5)
= 7x – 3y + 4 – 8x + 9y – 5
= 7x – 8x – 3y + 9y + 4– 5
-x + 6y – 1
9. Hasil pengurangan dari  – 3(2p + 1) dari p + 5 adalah ...
Pembahasan :
= p + 5 - [ – 3(2p + 1)]
= p + 5 - ( –6p - 3)
= p + 5 + 6p + 3
= 7p + 8

10. Hasil pengurangan 2b – 3a + 5c dari 5a – 2c – 3b  adalah ....
Pembahasan :
= 5a – 2c – 3b - (2b – 3a + 5c)
= 5a – 2c – 3b - 2b + 3a - 5c
= 5a + 3a– 3b - 2b - 5c– 2c
= 8a - 5b -7c


Tidak ada komentar:

Posting Komentar